Tuesday, July 10, 2012

Luna Online

     Luna Online adalah game MMORPG yang difokuskan pada kehidupan sosial yang memperkenalkan berbagai fitur inovatif yang belum pernah ditemukan pada game MMORPG sebelumnya, diantaranya adalah sistem ladang (farming), keluarga (family), memancing (fishing), pacaran (matching date), peliharaan (pet), dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

     Dengan mempunyai lebih dari 40 Job yang berbeda dan ratusan skill yang unik, Luna Online menawarkan kepada pemain pilihan yang tidak terbatas. Semua ini dirancang supaya lebih efektif bila bermain solo atau grup. Pemain dapat mengatur status dan skill setiap karakter yang dimainkan berdasarkan pilihannya sendiri sehingga dapat membuat karakter yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. Dalam Luna Online terdapat dua ras yang dapat dipilih yaitu Human dan Elves. Tentunya selain berbagai fitur menarik ini, Luna Online juga memiliki cerita panjang yang menjadi latar belakang game ini. Dan kamu akan bergabung dengan ras-ras yang ada di Luna Online untuk berjuang bersama-sama melindungi Dewi Luna dan bertarung melawan iblis yang ingin menguasai dunia.
     Kalau biasanya pengumuman dari GM untuk semua pemain pada game RF Online selalu diawali dengan sapaan “Halo Patriot RF” , maka game ini melakukannya dengan cara yang berbeda dan sedikit shocking, dengan sapaan “Hai, Imutz”. Ya, imutz dengan huruf z. Saya tidak salah ketik, bahkan kata-kata yang saya tulis pada quote di awal tulisan merupakan tagline dari game ini. Mungkin memang “keimutan” itu yang dijual pada game ini. Game buatan Eya Soft asal Korea dan dibawa ke Indonesia oleh Lyto ini menawarkan grafik yang cerah dan imut, lengkap dengan karakter “chibi”-nya.  Dari segi grafis, sekilas game ini mengingatkan dengan game bawaan Lyto sebelumnya, Seal Online. Yang membedakan adalah, Luna Online memiliki lebih banyak fitur untuk bersosialisasi daripada hanya sekedar membunuh monster dan leveling.

     Mengambil tempat di sebuah dunia bernama Blueland, kita dapat berpetualang dengan bebas, bertemu dan berinteraksi dengan banyak pemain lain. Yang harus dilakukan pertama kali saat memainkan game ini adalah membuat karakter. Seperti layaknya MMORPG lain, kita bebas menentukan penampilan karakter mulai dari bentuk rambut, mata, dan ekspresi wajah. Kita dapat memilih ras karakter menjadi Human dan Elves Baik ras Human ataupun Elves sebenarnya dapat memilih job yang sama, tetapi ada beberapa job khusus yang hanya dapat dipilih oleh salah satu ras saja. Misalnya seperti pada class Rogue, job Treasure Hunter dapat dipilih oleh kedua ras, tetapi job Assasin hanya dapat dipilih oleh ras Human. Hal yang menarik adalah tidak ada path spesifik dalam pemilihan job. Pemain dibebaskan untuk mengambil jalur job manapun sesuai keinginannya. Bisa saja Rouge bersenjata pisau kemudian mengambil job Archer selanjutnya mengambil job Assasin tanpa mengubah senjata pisaunya menjadi panah. Lumayan ribet juga ngejelasinnya, intinya karakter yang dibuat sangat dibebaskan untuk memilih job apa saja, tanpa terpaku pada 1 path standar. Hal ini menyebabkan masing-masing karakter punya skill yang berbeda-beda (skill dari job sebelumnya) walaupun jobnya sama. Ada 3 class job yang disediakan, antara lain Fighter, Rogue, dan Mage.
     Yang diunggulkan dari Luna Online adalah beragam fitur yang dihadirkan untuk interaksi antar pemain. Beberapa fitur sudah sempat saya singgung pada awal tulisan. Fitur standart MMORPG seperti sistem crafting, vending, guild, pet, PvP, PK, ataupun memancing sudah pasti ada disini. Selain fitur umum itu, disini pemain juga bisa membentuk sebuah keluarga (family) beranggotakan maksimal 5 orang. Keuntungan dari memiliki keluarga adalah pemain dapat memiliki sebuah ladang ala Farmville, fitur ladang ini bisa dibilang cukup baru untuk genre MMORPG. Ladang hanya dapat diperoleh apabila telah memiliki keluarga yang lengkap. Dengan adanya ladang, kita dapat menanam benih yang nantinya dapat dipanen dan menghasilkan item/equip langka. Masih ada lagi, sistem matchmaking dan dating dungeon. Dalam game ini, ketika mencapai level tertentu di awal permainan, pemain diharuskan mendaftarkan diri sebagai penduduk Blueland. Saat mendaftarkan diri, kita diminta mengisikan data hobi dan kegemaran. Nah, saat kita berpapasan dengan pemain lain berbeda gender yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama, maka akan muncul tanda “love” secara otomatis untuk menunjukkan adanya kecocokan di antara kalian. Dan apabila kalian cocok, maka kalian berdua bisa menaklukkan dating dungeon untuk membuktikan kecocokan kalian sebagai pasangan.
Selain fitur-fitur beragam tadi, game ini juga menghadirkan beberapa tambahan “keimutan” yang lain. Kita bisa mengetikkan teks perintah emotion, atau lewat menu emoticon (shortcut = S) untuk memunculkan emoticon, mengubah ekspresi wajah, atau membuat karakter kita berjoget ria. Bergoyang duyu dengan ekspresi wajah mesum masih kurang imut? *darimana imutnya??* Tenang, supaya lebih imut kita bisa melengkapi karakter kita dengan berbagai kostum hewan. Ya, kostum-kostuman ala Halloween juga ada disini, mulai dari kostum buaya, ayam, kucing, sampai kostum shinigami juga ada. Konsep imut ini juga diadopsi oleh Lyto sampai ke cara promosinya. Selain promosi dengan berbagai event berhadiah baik in-game maupun out-game seperti layaknya game online lainnya, Lyto juga menghadirkan 5 orang gadis muda, cantik, dan imut yang diperkenalkan sebagai Luna Angels. Luna Angels terdiri atas 5 orang bidadari – Cutey, Lovely, Funny, Friendly, dan Sweety. Luna Angels ini merupakan duta terbaru dari Lyto khusus untuk Luna Online.
Luna Online merupakan sebuah permainan sarat fitur mengasikkan, penuh grafis menggemaskan, juga menyenangkan untuk dimainkan. Hal yang saya sukai adalah game ini cukup santai untuk dimainkan. Artinya, tidak perlu “ngoyo” untuk kejar level secepat mungkin, atau harus online setiap hari. Berbeda dengan RF Online, yang ketinggalan 1 kali Chip War saja rasanya sudah lumayan kecewa (apalagi ternyata menang), di Luna Online saya masih santai walaupun menelantarkan karakter saya seminggu lebih. Saat ini Xylon, yang saya buat di server Sweety masih betah bertengger di level 51 *masih cupu kk* *jangan di-PK*. Yah, game ini memang tidak memaksa pemainnya untuk selalu jadi yang paling kuat. Luna Online membebaskan para pemainnya untuk bisa have fun dengan caranya masing-masing. Dengan segala fitur dan keunikannya, game ini telah menjadi game yang paling unyu yang pernah saya mainkan. Entah apapun artinya itu

Fundamental AI Teknologi


Fundamental AI Teknologi

"Saya tidak hanya menggunakan semua otak yang saya miliki, tapi semua yang saya dapat meminjam."
-Woodrow Wilson
 
KUNCI TOPIK
  1. Konteks 
  2. Struktur dari sebuah Sistem AI
  3. Teknologi Spesifik
  4. Penutupan
      Sebuah kecerdasan buatan yang menarik adalah komponen utama dari setiap permainan yang sukses. AI membuat game menantang dan adiktif, dan dengan demikian menghasilkan sebagian besar dari nilai gameplay. AI adalah sangat berkembang ilmu dengan lebih dari 50 tahun sejarah. Ini berarti sangat terkenal metode yang ada untuk menutupi luas berbagai skenario dan tujuan, apakah itu memerintahkan tentara dalam Age of Empires atau piloting pejuang dasi
 
  • Star Wars game.
      Dalam bab ini, kita akan mempelajari bagaimana permainan AI hanya aplikasi tertentu dari konsep-konsep umum dari klasik AI. Ini berarti paling tradisional AI teknik akan sempurna berlaku untuk penggunaan dalam game. Di sisi lain, kami kerajinan akan membutuhkan beberapa trik khusus dan tikungan, seperti perhatian ditambahkan ke kinerja dan fokus pada estetika hasil. Dalam dua bab berikutnya, kita akan survei permainan teknik AI di beberapa detail. Kami akan menggunakan bab pertama ini sebagai pengantar untuk tujuan umum teknik AI, sehingga kami dapat mencurahkan berikutnya dua bab untuk bertindak dan AI permainan strategis, masing-masing. Dalam Bab 9, "Scripting," kami akan melakukan survei teknik untuk salah satu paradigma yang paling kuat untuk coding sistem AI. Keempat bab, secara keseluruhan, harus memberikan pemahaman yang jelas dan menyeluruh tentang keadaan industri.
 
http://www.tar.hu/gamealgorithms/ch06.html2/9/2009 17:50:09
http://www.tar.hu/gamealgorithms/ch06lev1sec1.html

 
  1. Konteks
     Jadi, apa AI sih? Apa tujuan dan kondisi yang membedakan sistem AI yang baik dari yang buruk
satu? Pada dasarnya, desain buruk AI sering dimulai dengan menetapkan tujuan yang salah. Salah satu definisi AI mungkin seperti "AI adalah simulasi komputer dari perilaku cerdas." Ini akan berlaku kecuali kenyataan bahwa kita benar-benar tidak tahu pasti apa kecerdasan itu. Apakah "kecerdasan" berarti "perilaku yang menunjukkan kemampuan besar untuk beradaptasi dan memecahkan masalah kompleks," atau itu "perilaku yang dekat dengan manusia "Sejarah menunjukkan? kita lagi dan lagi bahwa manusia tidak selalu cemerlang, namun ada adalah kualitas dengan perilaku mereka yang membuat mereka cerdas. Seperti yang akan Anda pelajari dalam bab ini, beberapa permainan membuat kesalahan dengan mencoba mengikuti definisi pertama, dan dengan demikian, menghasilkan hasil yang benar-benar realistis. Ambil contoh, salah satu masalah klasik AI-menemukan rute dari titik A ke titik B yang menghindari rintangan.
 
     Banyak algoritma ada untuk memecahkan masalah ini dengan berbagai tingkat keberhasilan. Mereka menganalisis peta dan menelusuri jalan yang menghubungkan dua titik akhir dan menghindari rintangan di-antara. Beberapa dari mereka, bagaimanapun, pergi terlalu jauh, memastikan bahwa jalan antara A dan B adalah optimal-yaitu, jalur sesingkat mungkin. Ini adalah kasus dalam algoritma A * yang populer, yang akan kita bahas pada Bab 8, "Taktis AI." Menurut yang pertama definisi, * A jelas merupakan algoritma yang sangat cerdas. Bahkan, sangat cerdas bahwa itu dapat algorithmically membangun jalur optimal antara dua endpoint, bahkan jika kita harus menyeberang banyak mil dan hambatan dalam
proses. Tapi itu benar-benar tidak realistis jika dibandingkan dengan perilaku manusia. Manusia tidak melacak jalur yang optimal, dan mereka sering melakukan kesalahan melintasi labirin yang sangat kompleks (lihat Gambar 6.1).

                                Gambar 6.1. Perbandingan antara A * dan pencari jalan manusia. 

     Kiri: awal masalah. Tengah: manusia. Perhatikan bagaimana kita mencoba untuk mendekati target, dan jika tidak ada jalan yang tersedia, sering menyelamatkan. Kanan: * A tahu solusinya sebelumnya sehingga ini menelusuri jalan yang sangat realistis tetapi yang benar melalui topright yang daerah. Seorang manusia beralih dari A B untuk akan mengikuti lintasan padat (dengan asumsi dia tidak tahu jalan sebelumnya), dan A * akan menemukan solusi yang optimal, putus-putus. Jadi, permainan menggunakan metode ini mungkin cukup pintar, tapi tidak terlalu realistis. Dan ini adalah sangat penting karena berkonsentrasi pada memiliki "pintar"
AI tetapi bukan "manusia" AI kadang-kadang dapat menghasilkan permainan yang buruk, dan itu dosa modal dalam permainan AI pembangunan. Dengan kata lain, banyak kali kita akan dapat menciptakan AI yang sempurna yang akan membuat frustasi untuk pemain manusia. Jadi, kita perlu menjaga tingkat yang wajar ketidaksempurnaan dibangun ke dalam desain AI. Di sisi lain, kita tidak ingin membuat AI bodoh hanya demi realisme. Permainan sekitar tantangan, dan ini memerlukan musuh cerdas, yang, ke mana, sulit untuk mengalahkan. Contoh yang baik adalah real-time strategi permainan. Komputer menciptakan strategi untuk tentara CPU dikontrol dengan menggunakan berbagai teknik. Tapi tentara di sisi AI yang dikontrol sangat dangkal dalam hal spontanitas dan improvisasi nilai kinerja mereka. Mereka lebih seperti robot yang dirancang untuk melaksanakan rencana induk. Ini harus jadi atau permainan akan terlalu mudah dan menjadi membosankan. Jadi jelas, permainan AI adalah keseimbangan antara perilaku menghasilkan yang baik sangat berkembang dan canggih, dan perilaku yang kurang lebih manusia (dalam arti tidak optimal dari kata tersebut). Beberapa teknik dapat digunakan untuk memastikan bahwa AI kita tidak hanya "robot pemecahan masalah" tetapi manusia hidup entitas yang menyediakan hanya jumlah yang tepat kompleksitas yang akan menantang dan menarik, tetapi tidak lebih dari itu.

http://www.tar.hu/gamealgorithms/ch06lev1sec1.html (1 dari 2) 2009/02/09 05:50:27
http://www.tar.hu/gamealgorithms/ch06lev1sec1.html

Review Game Plant vs Zombie

Sama seperti Game Zuma, Plants vs Zombies juga dikembangkan oleh Perusahaan PopCap Games. Game ini dibuat PopCap untuk Microsoft Windows and Mac OS X. Game ini sangat unik karena mengambil tema yang sangat tidak biasa. Siapa yang membayangkan kalau makhluk seram seperti Zombie harus melawan segerombolan tanaman, ide yang mau tidak mau membuat kita tersenyum.

Game Plants vs Zombies ini mengisahkan sekelompok zombie yang ingin menyerang sebuah rumah. Zombie-zombie ini mengincar otak manusia untuk dimakan. Ketika memasuki halaman rumah ternyata ada sekelompok tanaman yang berusaha menghalangi zombie-zombie itu masuk ke rumah majikannya. Tugas pemain adalah mengendalikan karakter tanaman-tanaman ini untuk melindungi majikannya agar jangan sampai otak sang majikan dimakan zombie.

Antara Plants dan Zombie ini masing-masing memiliki banyak jenis karakter. Misalkan saja pihak plants terdiri dari bunga matahari yang memproduksi sinar matahari supaya pemain game bisa memproduksi tanaman yang lain. Kemudian ada pemakan daging, kacang, rumpun duri dan sebagainya. Sedangkan pihak Zombie ada zombie pekerja, pelompat galah, pemain rugbi dan lain-lain.

Arena game dibagi menjadi beberapa trek horisontal, dan zombie akan bergerak menuju rumah pemain hanya dalam satu jalur. Plants hanya dapat menyerang atau bertahan melawan zombie dalam jalur masuk mereka Pada tingkat awal permainan, jika zombie berhasil mencapai rumah pemain, bisa digunakan alat semacam mesin pemotong rumput untuk sepenuhnya menghancurkan zombie tersebut, akan tetapi alat itu hanya bisa digunakan sekali sampai naik ke level berikutnya. Pada tingkat berikutnya, pemain harus membeli upgrade sehingga dapat menyesuaikan mesin pemotong rumput mereka dengan lingkungan baru seperti kolam atau atap.

Game Plants vs Zombie ini terdiri dari 4 kelompok game, pertama adventure, mini game, puzzle dan survival.
  1. Game adventure adalah tipe game dimana zombie masuk ke rumah dengan serangan berkelanjutan. Adventure memiliki berbagi tingkat level dengan kesulitan maik bertambah. Setiap menyelesaikan sublevel pemain akan mendapatkan satu karakter plants baru yang digunakan untuk mempertahankan rumah. Begitu juga zombie, ada karakter penyerang yang baru.ini 
  2. Mini Game hanya sekali dimainkan dan langsung tamat, tugas pemain hanya untuk menyelesaikan tantangan game. Game kecil ini bagian dari adventure. Setiap menyelesaikan satu mini game akan membuka kunci mini game lain yang sebelumnya tidak bisa dimainkan. Mini game ini berguna untuk mengumpulkan uang supaya pemain bisa membeli barang baru di toko peralatan. 
  3. Game Puzzle berguna melatih kemampuan mengolah otak dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk menyelesaikan game. Ada 2 bagian, pertama bermain sebagai plants untuk menghalangi zombie masuk rumah dan kedua sebagai zombie yang berusaha masuk ke rumah. 
  4. Game Survival. Pemain diharapkan dapat bertahan dari serangan zombie yang makin lama makin sulit dihalangi. Jumlah yang menyerang juga semakin banyak dan beragam karakternya.

Game ini sangat cocok dimainkan di saat senggang untuk menghilangkan stress, tapi hati-hati jika kecanduan dan sampai lupa waktu.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/gaming/2171135-review-game-plants-vs-zombies/#ixzz20EpPOYkN