Sunday, October 30, 2011

Pengenalan Router

Router

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. Contoh aplikasinya adalah jika kita ingin membagi IP Adress kepada anggota jaringan maka kita dapat menggunakan router ini, ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain.

Misalnya jika pada suatu perangkat jaringan (komputer) memiliki IP Adress 192.168.0.1, maka agar komputer lain dapat berkomunikasi, harus diberikan IP Address dengan Network Identification 192.168.0 dan dengan Host Identification 2-254, contoh 192.168.0.10, 192.168.0.11 dan seterusnya.
Permasalahan akan muncul ketika perangkat jaringan yang terhubung sangat banyak (biasanya di atas 20 perangkat), seorang administrator akan dipaksa berkeliling untuk mensetting IP Address tiap host, Oleh karenanya kita dapat menggunakan Router.

Jenis-jenis Router
1. Router Aplikasi
2. Router Hardware
3. Router PC

Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat kita instal pad sistem operasi, sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router, contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, WinProxy dan lain-lain.

Router Hardware adalah merupakan hardware yang memiliki kemampuan sepertiu router, sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP Address, pada prakteknya Router hardware ini digunakan untuk membagi koneksi internet pada suatu ruang atau wilayah, contoh dari router ini adalah access point, wilayah yang dapat mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

Router PC adalah Sistem Operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi dan mensharing IP Address, jadi jika suatu perangkat jaringan (pc) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh Sistem Operasi tersebut, contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah semua sistem operasi berbasis client server, semisal Windows NT, Windows NT 4.0, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Berbasis Linux), dan lain-lain.

Friday, October 28, 2011

AI(Artifisial Intelegence)

TENTANG AI

Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI pada game ini terletak pada computer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user.Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang.

GAME JENIS AI
 
Game yang memiliki AI adalah dimana user dan komputer bermain melawan dan menggunakan strategi masing – masing untuk mengalahkan lawannya. Dimana komputer sudah di program untuk melawan user dengan tingkat kecerdasan yang setingkat dengan user. Sehingga user pun harus berusaha berpikir untuk melawan dan menggunakan strategi yang jitu untuk melawan komputer dengan AI. Maka, bisa disimpulkan bahwa konsep dari game yang memiliki kemampuan AI dibuat untuk mengasah kecerdasan berpikir user dalam melawan komputer saat bermain game. Berikut contoh game dengan menggunakan AI :

http://airnanda.files.wordpress.com/2011/01/1.jpg?w=300&h=265
The Game

Gambar diatas adalah game ROW 6×6, dimana cara bermain nya adalah bidak putih sebagai user dan bidak hitam adalah komputer lalu terdapat 36 kotak tempat bidak itu berjalan. Setiap bidak bejalan diagonal dan bidak putih hanya bisa berjalan kedepan dan tidak bisa berjalan mundur. Sedangkan bidak hitam juga hanya bisa berjalan diagonal dan bisa berjalan mundur. Lalu, AI dari game ini adalah dimana user menentukan posisi bidak putih dengan pola seperti apa yang bisa melawan komputer.

Komputer berjalan setelah user yang bermain terlebih dahulu, karena komputer bisa berjalan mundur maka, apabila user tidak cermat dalam mengambil strategi untuk melawan komputer, maka komputer akan dapat memenangkan permainan. Pola bidak putih untuk memenangkan permainan ini adalah pola segitiga dimanan bidak putih mengepung di depan, di samping kanan dan kiri dari bidak hitam.

Thursday, October 27, 2011

MEA (Means-Ends Analysis)

MEA (Means-Ends Analysis)

•MEA adalah strategi penyelesaian masalah yang diperkenalkan pertama kali dalamGPS (General Problem Solver) [Newell & Simon, 1963].

•Proses pencarian berdasarkan ruang masalah yang menggabungkan aspek penalaran forward dan backward.

•Perbedaan antara state current dan goal digunakan untuk mengusulkan operator yang mengurangi perbedaan itu.

•Keterhubungan antara operator dan perbedaan tsbdisajikan sebagai pengetahuan dalam sistem(padaGPS dikenal denganTable of Connections) atau mungkin ditentukan sampai beberapa pemeriksaan operator jika tindakan operator dapat dipenetrasi.

•Contoh OPERATOR first-order predicate calculus dan operator2 tertentu mengijinkan perbedaan korelasi task-independent terhadap operator yang menguranginya.

•Kapan pengetahuan ada tersedia mengenai pentingnya perbedaan, perbedaan yang paling utama terpilih pertama lebih lanjut meningkatkan rata-rata capaian dari MEA diatas strategi pencarian Brute-Force.

•Bagaimanapun, bahkan tanpa pemesanan dari perbedaan menurut arti penting, MEA meningkatkan metode pencarian heuristiklain (dirata-rata kasus) dengan pemusatan pemecahan masalah pada perbedaan yang nyata antara current state dengan goal-nya.

Constraint Satisfaction

Constraint Satisfaction

• Problem search standard  :
– state adalah "black box“ – setiap struktur data yang mendukung fungsi successor, fungsi heuristik dan tes goal.

•CSP:
– state didefinisikan sebagai variabel X
dengan nilai dari domain D
– Tes goal adalah sekumpulan constraint yang menspesifikasikan kombinasi dari nilai subset variabel.

• Contoh sederhana adalah bahasa representasi formal.

• CSP ini merupakan algoritma general-purpose dengan kekuatan lebih daripada algoritma pencarian standar.

• Binary CSP biner : setiap constraint merelasikan dua variabel

• Graf Constraint : node adalah variabel, arc adalah constraint

Tuesday, October 25, 2011

Algoritma AO*

Algoritma AO*
• Menggunakan struktur graf. Tiap node pada graf memiliki nilai h’ yang merupakan biaya estimasi jalur dari node itu sendiri sampai suatu solusi.
• Algoritma 1. Diketahui graf yang berisi node
awal (sebut saja INIT). Hitung h’(INIT)
 
2. Kerjakan langkah berikut hingga INIT bertanda SOLVED atau sampai nilai h’(INIT) > FUTILITY :
Teknik Pencarian Heuristik 17/25


a) Ekspan INIT dan ambil salah satu node yang belum pernah diekspan (sebut NODE)
 
b) Bangkitkan successor2 NODE. Jika tidak memiliki successor maka set FUTILITY dengan nilai   h’(NODE). Jika ada successor maka untuk setiap successor (sebut SUCC) yang bukan ancestor dari NODE kerjakan :
i. Tambahkan SUCC ke graf ii. Jika SUCC adalah terminal node tandai
dengan SOLVED dan set nilai h’ = 0 iii. Jika SUCC bukan terminal node, hitung nilai h’.
 
c) Kirimkan informasi baru tsb ke graf dengan cara : tetapkan S adalah node yang ditandai dengan SOLVED atau node yang nilai h’-nya baru saja diperbaiki, dan sampaikan nilai ini ke parent-nya. Inisialisasi S = NODE. 

Kerjakan langkah berikut ini hingga S kosong :

i. Jika mungkin, seleksi dari S node yang tidak memiliki descendant dalam graf yang terjadi pada S. Jika tidak ada, seleksi sebarang node dari S (sebut CURRENT) dan hapus dari S.
 
ii. Hitung biaya tiap2 arc yang muncul dari CURRENT. Biaya ini sama dengan jumlah h’ untuk tiap2 node pada akhir arc ditambah dengan biaya arc itu sendiri. Set h’(CURRENT) dengan biaya minimum yang baru saja dihitung dari setiap arc yang muncul tadi.
 
iii. Tandai jalur terbaik yang keluar dari CURRENT dengan menandai arc yang memiliki biaya minimum.
 
iv. Tandai CURRENT dengan SOLVED jika semua node yang dihubungkan dengannya hingga arc yang baru saja ditandai tadi telah ditandai dengan SOLVED.
 
v. Jika CURRENT telah ditandai dengan SOLVED atau jika biaya CURRENT telah berubah maka status baru ini harus disampaikan ke graf. Kemudian tambahkan semua ancestor dari CURRENT ke S.

Monday, October 24, 2011

Reduksi Masalah

 Reduksi Masalah

• Kebanyakan solusi menggunakan pohon OR, dimana lintasan dari awal sampai tujuan tidak terletak pada satu cabang.
• Bila lintasan dari keadaan awal sampai tujuan dapat terletak pada satu cabang, maka kita akan dapat menemukan tujuan lebih cepat.

Graf AND-OR •Graf AO*

Graf AND-OR
• Pada dasarnya sama dengan algoritma Best First Search, dengan mempertimbangkan adanya arc AND.
• Gambar berikut menunjukkan bahwa untuk mendapatkan TV orang bisa dengan cara singkat yaitu mencuri atau membeli asal mempunyai uang.
• Untuk mendeskripsikan algoritma, digunakan nilai F_UTILITY untuk biaya solusi.
Goal : Ingin Memiliki
Membeli TVPunya UangMencuri TV

Algoritma AND-OR
1. Inisialisasi graf ke node awal. 2. Kerjakan langkah2 berikut hingga node
awal SOLVED atau sampai biayanya lebih tinggi dari F_UTILITY :
a) Telusuri graf mulai dari node awal dan ikuti jalur terbaik. Akumulasikan kumpulan node yang ada pada lintasan tsb. dan belum pernah diekspansi atau diberi label SOLVED.
b) Ambil satu node dan ekspansi node tsb. Jika tidak ada successor maka set F_UTILITY sebagai nilai dari node tsb. Bila tidak demikian, tambahkan successor dari node tsb ke graf dan hitung nilai setiap f’ (hanya gunakan h’ dan abaikan g). Jika f’=0 tandai node tsb dengan SOLVED.
c) Ubah f’ harapan dari node baru yang diekspansi. Kirimkan perubahan ini secara backward sepanjang graf. Jika node berisi suatu arc successor yang semua descendant nya berlabel SOLVED maka tandai node itu dengan SOLVED.

Sunday, October 23, 2011

HILL CLIMBING(Jenis Metode Pencarian Heuristik)

HILL CLIMBING(Jenis Metode Pencarian Heuristik)

· Hill climbing (mendaki bukit) merupakan salah
satu variasi metode buat dan uji (generate and
test) dimana umpan balik yang berasal dari
prosedur uji digunakan untuk memutuskan arah
gerak dalam ruang pencarian (search).

· Dalam prosedur buat dan uji yang murni, respon
fungsi uji hanyalah ya atau tidak.

· Dalam prosedur Hill Climbing, fungsi uji
dikombinasikan dengan fungsi heuristik yang
menyediakan pengukuran kedekatan suatu
keadaan yang diberikan dengan tujuan (goal).
Prosedur Hill Climbing :

1. Buatlah solusi usulan pertama dengan cara yang
sama seperti yang dilakukan dalam prosedur
buat dan uji (generate and test). Periksalah
apakah solusi usulan itu merupakan sebuah
solusi. Jika ya, berhentilah. Jika tidak, kita
lanjutkan ke langkah berikutnya.
Pengantar Inteligensia Buatan – Heuristic Searching 3/8

2.Dari solusi ini, terapkan sejumlah aturan yang
dapat diterapkan untuk membuat sekumpulan
solusi usulan yang baru.

3.Untuk setiap elemen kumpulan solusi tersebut,
lakukanlah hal-hal berikut ini :

    1.Kirimkanlah elemen ini ke fungsi uji. Jika
    elemen ini merupakan sebuah solusi,
    berhentilah.

    2.Jika tidak, periksalah apakah elemen ini
    merupakan yang terdekat dengan solusi yang
    telah diuji sejauh ini. Jika tidak, buanglah.

    3.Ambilah elemen terbaik yang ditemukan di atas
    dan pakailah sebagai solusi usulan berikutnya.
    Langkah ini bersesuaian dengan langkah dalam
    ruang problema dengan arah yang muncul
    sebagai yang tercepat dalam mencapai tujuan.

    4.Kembalilah ke langkah 2.

Masalah-masalah yang mungkin timbul pada
prosedur Hill Climbing :

- Maksimum lokal adalah suatu keadaan yang
lebih baik daripada semua tetangganya namun
masih belum lebih baik dari suatu keadaan lain
yang jauh letaknya darinya.

- Daratan (Plateau) adalah suatu daerah datar dari
ruang pencarian (search) dimana semua
himpunan keadaan tetangganya memiliki nilai
yang sama.

- Punggung (Ridge) adalah suatu daerah ruang
pencarian (search) yang lebih tinggi daripada
daerah sekitarnya, namun tidak dapat dibalikkan
oleh langkah–langkah tunggal ke arah manapun.

Solusinya:

- Melakukan langkah balik (backtracking) ke
simpul yang lebih awal dan mencoba bergerak
ke arah yang lain.

- Melakukan lompatan besar ke suatu arah untuk
mencoba bagian ruang pencarian yang baru.

- Menerapkan dua atau lebih aturan sebelum
melakukan uji coba. Ini bersesuaian dengan
bergerak ke beberapa arah sekaligus.

Friday, October 21, 2011

PENCARIAN TERBAIK PERTAMA (Best-First Search)

PENCARIAN TERBAIK PERTAMA (Best-First Search)

Metode ini merupakan kombinasi dari metode depthfirst search dan breadth-first search. Pada metode best-first search, pencarian diperbolehkan mengunjungi node yang ada di level yang lebih rendah, jika ternyata node pada level yang lebih tinggi ternyata memiliki nilai heuristic yang lebih buruk.
Fungsi Heuristik yang digunakan merupakan prakiraan (estimasi) cost dari initial state ke goal state, yang dinyatakan dengan :

f’(n) = g(n) + h’(n)

dimana f’ = Fungsi evaluasi g = cost dari initial state ke current state
h’ = prakiraan cost dari current state ke goal state

Contoh :

Misalkan kita memiliki ruang pencarian seperti pada gambar berikut. Node M merupakan keadaan awal dan node T merupakan tujuannya. Biaya edge yang menghubungkan node M dengannode A adalah biaya yang dikeluarkan untuk bergerak dari kota M ke kota A. Nilai g diperoleh berdasarkan biaya edge minimal. Sedangkan nilai h’ di node A merupakan hasil perkiraan terhadap biaya yang diperlukan dari node A untuk sampai ke tujuan. h’(n) bernilai ~ jika sudah jelas tidak ada hubungan antara node n dengan node tujuan (jalan buntu). Kita bisa merunut nilai untuk setiap node.

Wednesday, October 19, 2011

RMI

Apa Itu RMI?
RMI alias Remote Method Invocation merupakan fasilitas yang dimiliki Java untuk pemanggilan Object dari sisi yang berbeda, anggap saja sisi yang menyediakan Object adalah server dan sisi memanggil Object adalah Client.

Dimisalkan seperti ini, A adalah Server dan B adalah Client. A membuat object dari class Data dengan nama object data. Kemudian B ingin membuat Object dari class Data, namun B ingin Object nya itu Object data milik A. Nah dengan mengunakan RMI, B bisa mengakses Object data milik A, walaupun A dan B tidak terletak pada satu komputer.

Jadi dengan kata lain, RMI merupakan jembatan penghubung antara satu Aplikasi dengan Aplikasi lainnya, saya tidak menyebutkan antara satu Komputer dengan Komputer lain karena pada kenyataannya RMI bisa diimplementasikan dalam satu komputer, contohnya dalam buku ini saya mempraktekan RMI dalam satu komputer.

Syarat object bisa diakses lewat RMI
Agar sebuah object dapat diakses lewat RMI, kita tidak bisa menggunakan object dari class sembarangan. Ada syarat tertentu agar sebuah object bisa diakses lewat RMI. Untuk syarat-syaratnya antara lain :

Monday, October 17, 2011

How to Recover Windows and How to restore tokens

How to Recover Windows

If your PC is unable to boot back into Windows 7 after installing a loader don't panic, simply do the following.

* Boot up your PC from your Windows 7 install disk
* Select the "Repair your computer" option
* Select to open "Command Prompt"
* Input "bootsect.exe /nt60 c:" (without quotes)
* Restart


*** If it still doesn't work try the command as "bootsect.exe /nt60 all" (without quotes)
*** You can also press the escape key (or R) during the boot process and select "Windows without loader"

How to restore tokens

1. Type cmd in Start menu.
2. Right-click on the first result (cmd.exe) and click on Run as administrator (confirm by clicking Yes if required).
3. Type

 slmgr -rilc
 net stop sppsvc
 cd %windir%\ServiceProfiles\NetworkService\AppData\Roaming\Microsoft\SoftwareProtectionPlatform
 rename tokens.dat tokens.bak
 net start sppsvc

4. Restart your computer 2 times.


* An alternative might be to run "sfc /scannow" (without quotes)

_____________________
Credits to Opa (MDL).

Sunday, October 16, 2011

Arguments

/silent
 Turns on silent mode

/restart
 Restart the OS after install (used with /silent)

/bios
 Install just the certificate and serial

/k=XXXXX-XXXXX-XXXXX-XXXXX-XXXXX
 Set the Windows 7/2008/Vista key

/c=
 Set the certificate (use the name of a certificate from the certificates folder or from the SLIC list)

/s=
 Set the SLIC (Acer, Alienware, Asus, BenQ, Dell, Founder, Fujitsu, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Sony, Toshiba)

/l=
 Set the loader (Default, Alternative, Older, Forceful, Custom)

======
* If you don't set the loader it will default to the normal option
* If you don't set the certificate it will default to your BIOS's model
* If you don't set the SLIC it will default to your BIOS's model
* If you don't set the key it will default to your BIOS's model and the correct one for the OS (Ultimate, Professional, Starter or Home Premium)
* You can use these arguments via SetupComplete.cmd to pre-activate Windows 7/Vista/Server 2008
======

Example:
"D:\Windows 7 Loader.exe" /silent /restart /k=342DG-6YJR8-X92GV-V7DCV-P4K27 /c=Acer /s=Acer /l=Default


SetupComplete.cmd Example:
@ECHO OFF
start /wait %systemroot%\setup\scripts\Windows7Loader.exe /silent /restart /l=Default

Metode Penggabungan antara Depth-First search dengan Pelacakan Mundur

PEMBANGKITAN dan PENGUJIAN (Generate and Test)

Metode ini merupakan penggabungan antara depth-first search dengan pelacakan mundur (backtracking), yaitu bergerak ke belakang menuju pada suatu keadaan awal.
Algoritma : 1. Bangkitkan suatu kemungkinan solusi (membangkitkan
suatu tititk tertentu atau lintasan tertentu dari keadaan awal).
2. Uji untuk melihat apakah node tersebut benar-benar merupakan solusinya dengan cara membandingkan node terebut atau node akhir dari suatu lintasan yang dipilih dengan kumpulan tujuan yang diharapkan.
3. Jika solusi ditemukan, keluar. Jika tidak, ulangi kembali langkah pertama.
Contoh : “Travelling Salesman Problem (TSP)” • Seorang salesman ingin mengunjungi n kota. Jarak
antara tiap-tiap kota sudah diketahui. Kita ingin mengetahui ruter terpendek dimana setaip kota hanya boleh dikkunjungi tepat 1 kali. Misalkan ada 4 kota dengan jarak antara tiap-tiap kota seperti berikut ini :

Saturday, October 15, 2011

TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK

TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK
(HEURISTIC SEARCHING)

· Teknik pencarian heuristik (heuristic searching)
merupakan suatu strategi untuk melakukan
proses pencarian ruang keadaan (state space)
suatu problema secara selektif, yang memandu
proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang
jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling
besar, dan mengesampingkan usaha yang
bodoh dan memboroskan waktu.

· Heuristik adalah sebuah teknik yang mengem
-bangkan efisiensi dalam proses pencarian,
namum dengan kemungkinan mengorbankan
kelengkapan (completeness).

· Untuk dapat menerapkan heuristik tersebut
dengan baik dalam suatu domain tertentu,
diperlukan suatu Fungsi Heuristik.

· Fungsi heuristik ini digunakan untuk
mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual
dan menentukan seberapa jauh hal tersebut
dapat digunakan untuk mendapatkan solusi
yang diinginkan.

· Jenis-jenis Heuristic Searching:
¨ Generate and Test.
¨ Hill Climbing.
¨ Best First Search.
¨ Alpha Beta Prunning.
¨ Means-End-Anlysis.
¨ Constraint Satisfaction

Sunday, October 9, 2011

Sistem Peredaran Darah

Sistem Peredaran Darah

1.    SISTEM PEREDARAN DARAH
Sistem peredaran darah adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis). Ada tiga jenis sistem peredaran darah: tanpa sistem peredaran darah, sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. sistem peredaran darah,yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk.
Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh. Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan (lihat respirasi). Kedua, yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengkonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan. Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti urea atau asam urat) yang kemudian diangkut ke jaringan lain atau organ-organ ekskresi (ginjal dan usus besar). Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian-bagian dari sistem pembekuan dalam tubuh.
Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh, dan pada hewan tingkat tinggi alat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya. Alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah.

2.    KARAKTERISTIK SISTEM PEREDARAN DARAH
-          Komponen / Elemen (component)
-          Batas Sistem (boundary)
-          Lingkungan Luar Sistem (environment)
-          Penghubung (interface)
-          Masukan (input)
-          Pengolah (process)
-          Keluaran (output)
-          Sasaran (objective) atau tujuan (goal)






2.1.         KOMPONEN / ELEMEN
# Darah
Bagian-bagian darah
Sel-sel darah (bagian yg padat)
-  Eritrosit (sel darah merah)
- Leukosit (sel darah putih)
- Trombosit (keping darah)
- Basofil

Fungsi Darah
Darah mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah
2. Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal
3. Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh    plasma darah.
4. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah
5. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih
6. Menutup luka yang dilakuakn oleh keping-keping darah
7. Menjaga kestabilan suhu tubuh.

Penggolongan darah
- Aglutinogen adalah antigen-antigen dalam eritrosit yang membuat sel peka terhadap penggumpalan darah ( aglutinasi ).
- Aglutinin adalah substansi yang menyebabkan aglutinansi sel misalnya anti bodi. Dr.karl landsteiner seorang ahli imunologi dan patologi berkebangsaan Autria ( 1868-1943 ), dan Julius Donath adalah penemu perbedaan antigean dan antibodi dalam sel darah manusia.
- Golongan darah sistem A B O, Dalam sistem ini darah digolongkan dalam 4 macam yaitu : A, B, AB,dan O.Apabila pada sel darah merah seorang tidak terdapat anglutinogen A atau pun B maka darah di golongkan O, jika hanya terdapat anglutinogen A darah di golongkan A, dan jika hanya terdapat anglutinogen B darah di golongkan B, dan jika terdapat anglutinogen A dan B darah digolongkan AB.
-Golongan darah sistem Rhesus, Golongan darah sistem Rhesus didasarkan atas ada dan tidaknya anglutinogen Rhesus ( Rh ) yang disebut juga faktor Rhesus.

# Getah Bening
Disamping darah sebagai alat transpor, juga terdapat cairan getah bening. Terbentuknya cairan ini karena darah keluar melalui dinding kapiler dan melalui ruang antarsel kemudian masuk ke pembuluh halus yang dinamakan pembuluh getah bening (limfe)

2.2.         BATAS SISTEM
Batas dari sebuah system peredaran darah yaitu adalah ketika darah telah keluar dari system peredarannya, yakni disaat darah mengalir ke seluruh organ tubuh tanpa melalui pembuluh. Batasan peredaran darah cenderung lebih terletak pada kemampuan pengangkutan pembuluh sistem peredaran darah daripada jantung itu sendiri. Sebagaimana telah disebutkan, bagian arteri sistem pembuluh darah (sebelum organ metabolisme) memiliki dinding yang relatif kuat dan bertindak sebagai pembuluh tekanan. Dengan demikian arteri dpat membawa gelombang tekanan sampai jauh kedalam tubuh, walaupun sepanjang jalan tersebut banyak tekanan yang hilang. Pada arteri organ pengguna, tekanan darah dikurangi sampai nilainya kira-kira sepertiga pada aorta jantung.

2.3.         LINGKUNGAN LUAR SISTEM
Contoh dari lingkungan luar system yang bersifat merugikan  :
o Hemofilia: penyakit keturunan dimana darah sukar membeku
o Anemia: penyakit kekurangan darah yang mungkin disebabkan oleh Hb yang kurang mengandung zat besi (Fe), dapat juga karena kekurangan air sel darah merah
o Eritroblastosis fetalis: kerusakan sel darah pada bayi yang baru lahir akibat kemasukan aglutinin dari luar
o Leukimia: penyakit yang disebabkan penambahan leukosit yang tidak terkendali
o Trombus/embolus: disebabkan adanya gumpalan darah pada nadi tajuk atau arteri koronaria
o Sklerosis: penyakit karena pengerasan pembuluh darah (ada dua macam, yaitu aterosklerosis yang disebabkan endapan lemak dan Arteriosklerosis yang disebabkan oleh endapan zat kapur)
o Varises: pelebaran pembuluh balik pada kaki.

Contoh dari lingkungan luar yang menguntungkan :
-Ekokardiograf ( Echocardiography, ECG ) : ECG berguna untuk mendiagnosis penyakit dan gangguan pada tutup jantung, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, tumor di jantung, dan gangguan fungsi Ventrikel kiri.
-Pemindaian dengan bahan radio aktif, metode ini digunakan untuk memeriksa rasa nyeri dada atau memastikan hasil uji dari penggunaan metode lain, dan memeriksa hasil terapi jantung atau operasi bypass.
-Angioplasti, cara ini dilakukan untuk membuka aliran darah pada pembuluh darah yang tersumbat oleh plak ( timbunan lemak ).
-Operasi bypass jantung, operasi bypass sering kali dilakukan terhadap pasien yang menderita penyumbatan pembuluh darah orteri jantung.


2.4.         PENGHUBUNG SISTEM
Dalam system peredaran darah, sesuatu yang menjadi sebuah penghubung system adalah pembuluh darah. Karena dengan pembuluh darah lah sebuah system peradaran darah dapat berlangsung.
#  Pembuluh Darah
Ada 3 macam pembuluh darah yaitu: arteri, vena, dan kapiler (yang merupakan pembuluh darah halus)
- Pembuluh Nadi
Ciri khas :
- Tempat Agak ke dalam
- Dinding Pembuluh Tebal, kuat, dan elastis
-  Aliran darah Berasal dari jantung
- Denyut terasa
- Katup Hanya disatu tempat dekat jantung
- Bila ada luka Darah memancar keluar
- Pembuluh nadi adalah pembuluh yang membawah darah dari jantung dan umumnya mengandung banyak oksigen.
- Pada saat jantung berkontraksi ( sisto ) darah akan keluar dari bilik menuju pembuluh nadi.

Ada dua pembuluh nadi yang dilewati darah yaitu :
Pembuluh nadi besar ( aorta ) : Aorta adalah pembuluh yang dilewati darah dari bilik kiri jantung menuju keseluruh tubuh.
Pembuluh nadi paru-paru ( arteri palmonalis ) : Pembuluh nadi paru-paru adalah pembuluh yang dilewati darah dari bilik kanan menuju paru-paru ( pulmo ).

- Pembuluh Vena
Ciri khas :
@  Dinding Pembuluh Tipis, tidak elastis
@ Dekat dengan permukaan tubuh (tipis kebiru-biruan)
@ Aliran darah Menuju jantung
@ Denyut tidak terasa
@ Katup Disepanjang pembuluh
@ Bila ada luka Darah Tidak memancar
@ Pembuluh balik adalah : Pembuluh yang membawa darah kembali kejantung, yang umumnya mengandung karbondioksida.
@ Pada saat jantung berelaksasi ( Diastol ), darah dari tubuh dan paru-paru akan masuk ke jantung melalalui vena.
@ Vena diselubungi oleh otot rangka dan memiliki sebuah katup yaitu Valvula Semilunaris.

Pembuluh balik yang masuk ke jantung adalah sebagai berikut :
Vena Kava, Vena kava  bercabang-cabang menjadi pembulu yang lebih kecil yaitu vena. Ada dua macam vena kava, yaitu vena kava superior dan vena kava inferior.
Vena kava superior, Vena ini membawa darah yang mengandung CO2 dari bagian atas tubuh ( kepala, leher, keserambi kanan jantung.
Vena kava inferior, Vena ini membawa darah yang mengandung CO2 dari bagian tubuh lainnya dan anggota badan bawah tubuh keserambi kanan jantung.
Vena Pulmonalis, Vena ini membawa darah yang mengandung O2 dari paru-paru keserambi kiri jantung.

2.5.         MASUKAN
Dalam system peredaran dalah yang menjadi sebuah masukan/input adalah sari-sari makanan, oksigen dan darah itu sendiri serta berupa peredaran darah yang berbagai macam jenisnya, yaitu sistem peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda
Dalam keadaan normal darah ada didalam pembuluh darah, ujung arteri bersambung dengan kapiler darah dan kapiler darah bertemu dengan vena terkecil (venula) sehingga darah tetap mengalir dalam pembuluh darah walaupun terjadi pertukaran zat, hal ini disebut sistem peredaran darah tertutup.
Peredaran darah ganda pada manusia, terdiri peredaran darah kecil (jantung –paru-paru – kembali ke jantung) dan peredaran darah besar (jantung – seluruh tubuh dan kembali ke jantung). Peredaran ini melewati jantung sebanyak 2 kali.

2.6.         PENGOLAH
Dalam system peredaran darah yang merupakan pusat proses yaitu jantung dan peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Karena di jantung oksigen yang masuk akan diproses dan sisa-sisa hasil proses tersebut akan dibuang melalui peredaran-peredaran darah

# Jantung
Jantung dibentuk terutama oleh tiga jenis otot jantung ( miokardia ) yaitu, otot serambi, otot bilik , serta serabut otot perangsang dan pengantar khusus. Jantung manusia dan hewan mamalia terbagi menjadi 4 ruangan yaitu: bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, serambi kiri. Pada dasarnya sistem transportasi pada manusia dan hewan adalah sama.

# Peredaran darah kecil : Adalah peredaran darah dibilik kanan jantung menuju paru-paru melewati arteri pulmonalis dan kembali ke serambi kiri jantung melewati vena pulmonalis.

# Peredaran darah besar : Adalah peredaran darah dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh melalui aorta dan akhirnya kembali ke serambi kanan jantung melalui vena kava.
Oleh karena pada manusia terdapat kedua macam peredaran darah tersebut, maka manusia di katakan memiliki peredaran darah ganda.
2.7.         KELUARAN
Dalam system peredaran darah yang menjadi keluaran/hasil adalah berupa oksigen dan energy yang akan disalurkan ke seluruh organ-organ tubuh untuk proses kelangsungan hidup. Selain itu ada hal lain yang menjadi hasil system peredaran darah, yaitu :
-Mengangkut oksigen ke jaringan di seluruh tubuh
-Mengangkut sari-sari makanan keseluruh tubuh
-Mengangkut sisa-sisa metabolisme, seperti karbon dioksida, urea,dan asam laktat kealat ekskresi.
-Mengedarkan hormon dari kelenjar hormon ketempat yang membutuhkan.
-Mengatur pH tubuh, mengatur suhu tubuh, melawan bibit penyakit serta melakukan mekanisme pembekuan darah.

          3. KESIMPULAN
Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah,serta jantung. Dan darah manusia terdiri dari plasma darah dan sel-sel darah, yaitu sel darah merah ( eritrosit ), sel darah putih ( leukosit ) dan keping darah, ( trombosit ). Didalam sel darah merah terdapat pigmen protein pengikat oksigen dan karbondioksida, yaitu hemoglobin.
Sel darah putih terdiri dari loukesit gronulosit ( Netrofil, eosinofil, basofil )dan leukosit agranulosit ( monosit, limfosit ).Trombosit berfungsi membekukan darah. Didalam serum terdapat antibody ( kekebalan ).Pembuluh darah meliputi pembuluh nadi dan pembuluh balik. Perbedaan darah manusia tergolong peredaran tertutup dan ganda






DAFTAR PUSTAKA

DA. Pratiwi, Sri maryati, Srikini, Suharno, dan Bambang S.Penerbit : Erlangga 2006.
Biologi untuk SMA Kelas XI.Jilid 2 Jakarta. Penerbit Erlangga.
Istamar Syamsuri, dkk.2006.Biologi untuk SMP Kelas VIII Jilid 2. Jakarta : Penerbit
Erlangga.
http://rt3rw6tunjungsekar.blogspot.com/2010/12/darah-dan-sistem-peredaran darah.html
http://biology911.wordpress.com/category/anatomi-fisiologi-manusia/
http://gurungeblog.wordpress.com/category/sistem-pernafasan/
http://asrianin.blogspot.com/2010/12/sistem-pernapasan-manusia.html